Cloud Hosting Indonesia

Dolanan Anak Indonesia ( Layang Layang )

Cara Membuat Layang Layang
( Dolanan Tradisonal Indonesia )

By. Deka R.P

Layang layang adalah salah satu permainan tradisional yang sudah sering dimainkan oleh anak anak di indonesia, permainan ini sangat mudah. Faktor utama yang mendasari bagus atau tidaknya permainan adalah angin di sekitarnya, semakin banyak dan stabil angin, maka semakin tinggi. Potensi layang layang untuk terbang di udara.
Layang layang merupakan permainan tradisional yang paling mudah proses pembuatannya. kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat yang digunakan.

BAHAN

  • Siapkan 1 potong bambu dengan ukuran yang ada kira kira sesuka hati.
  • Lalu kertas minyak atau koran atau kertas berwarna yang tidak mudah sobek.
  • Benang atau tali
  • Kertas tisu
  • Dan bulu bulu untuk hiasan ujung layang layang
ALAT
  1. Gunting dan lem
  2. Pisau


CARA MEMBUAT
  1. Untuk bambu, potong dengan pisau hingga tipis ( seperti lidi namun lebih besar 2 kalinya ) menjadi 2 bagian dengan ukuran yang berbeda. Ukuran pertama dan ukuran kedua 1/3 dari ukuran pertama.
  2. Letakkan kedua bambu secara menyilang dengan titik pertemuan pada 1/3 dari bambu yang paling panjang Lekatkan kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau benang.
  3. Ikat dan hubungkan ke empat hujung buluh dengan tali atau benang hingga membentuk wajik. Sekarang rangka layang-layang selesai, lalu letakkan rangka layang-layang tersebut diatas kertas.
  4. Tanda kertas tersebut sehingga mengikuti bentuk rangka layangan. Tambahkan ekstra 2.5 cm untuk garis potongan.
  5. Gunting kertas tersebut mengikuti garis potongan.
  6. Lipat bagian kertas kearah belakang, lalu lekatkan pada rangka dengan menggunakan gam.
  7. Untuk keseimbangan, tambahkan ekor dari tali atau benang sepanjang sekitar 1 meter, ikatkan pada bahagian bawah layang-layang. Langkah seterusnya, tambahkan guntingan kertas untuk perhiasan.
  8. Buatlah lubang di tengah-tengah layangan (dekat dengan tempat penyilangan bambu rangka) masukkan tali atau benang layangan ke lubang dan ikatkan ke titik persilangan, lalu ikatkan hujung yang lain ke hujung bawah rangka layangan ( panjang tali sekitar 90cm)
  9. Dan layang layang karya kamu siap mengudara.
Selamat mencoba kawan.. salam DEKA

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama
Website Instan