Cloud Hosting Indonesia

Mengenal Biul Slentek, Hewan Endemik dari Indonesia


Musang Biul atau Biul slentek  atau dalam bahasa ilmiah Melogale orientalis  adalah spesies mamalia kecil dalam keluarga Mustelidae. Hewan ini merupakan jenis endemik yang berasal dari pulau Jawa dan Bali, Indonesia. Di Provinsi Jawa Tengah, banyak ditemukan spesies ini namun lebih dikenal sebagai  nyentek, sementara dalam bahasa Inggris hewan ini dikenal sebagai Javan Ferret-badger.
Biul slentek berukuran kecil, panjang kepala dan badan hanya sekitar 300-400 mm, sementara ekornya antara 45-50% panjang kepala dan tubuhnya tadi. Warna tubuhnya kecoklatan, dengan pola-pola putih di kepalanya, sedikit mirip dengan biul kalimantan namun dengan ekor yang lebih panjang dan tengkorak yang lebih besar.
KLASIFIKASI ILMIAH
Kerajaan:  Animalia
Filum:    Chordata
Kelas:    Mammalia
Ordo:    Carnivora
Famili:   Mustelidae
Genus: Melogale
Spesies: Melogale orientalis

Biul slentek menyebar terbatas di Pulau Jawa dan Bali . menurut Horsfield, lokasi persebaran terbagi atas  terbatas di wilayah selatan G. Prahu, di antara dua puncak gunung penting di Jawa Tengah, yakni G. Tegal  dan G. Sumbing,  yang merupakan bagian dari wilayah Bagelen dan Banyumas, terus hingga ke daerah Gowong di sebelah timurnya.
Baru baru ini sebuah spesies bernama Taksa ditemukan di G. Salak diusulkan sebagai anak jenis M.o. sundaicus . NATURE – FINIA

KLIK SALAH SATU IKLAN INI. ANDA SUDAH BERDONASI PADA KAMI . TERIMAKASIH :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama
Website Instan