Cloud Hosting Indonesia

Jendela Budaya : TARI PUSPANJALI


Budaya Bali : TARI PUSPANJALI
By Deka R.P

      Menengok kearifan lokal dari masyarakat pulau dewata, sebagai tempat  Dimana budaya hindu berkembang luas, sekaligus mempengaruhi seni, corak budaya dan unsur masyarakat sekitar.
Budaya masyarakat bali telah terkenal hingga nasional bahkan mancanegara, namun hal yang dibahas kali ini, tidak perlu jauh hingga prestasi mancanegara , tapi yang akan dibahas adalah seni tari yang masih baru berumur 25 tahun dan belum begitu terkenal dimasyarakat.
Tari Puspanjali adalah salah satu tari tradisonal yang berasal dari pulau dewata bali. Tari ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya (sebagai yang menata tari) dan I Nyoman Windha (penata tabuh pengiring) pada tahun 1989.
       Gerak yang lemah lembut dan gemulai  dimainkan secara berkelompok oleh 5- 7 orang, sangat identik dengan sosok feminin seorang wanita. Perbaduan yang dinamis dan mudah bagi siapa saja.
Gambaran Tari ini banyak sekali mengambil inspirasi dari upacara rejang,sebuah bentuk penyambutan bagi seorang wanita terhadap tamu yang mengunjungi pulau mereka.


Potret Puspanjali



Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama
Website Instan