Cloud Hosting Indonesia

Jendela Budaya : Tari Tor Tor

TARI TOR TOR GEMULAI PURBA DARI TANAH BATAK , SUMATERA UTARA


By Deka R.P




Bersandar di sebuah pelabuhan, kini tibalah di sebuah kota yang terkenal sebagai pusat budaya di provinsi sumatera utara , yaitu tepatnya di mandailing .
Di sinilah para penari mengemulaikan tangannya di iringi dengan musik khas daerah yaitu seperti gondang , suling maupun terompet batak. Tari tortor adalah tarian purba yang berasal dari tanah batak , sumatera utara . tari ini dulu adalah sebuah kesenian yang di gunakan dalam acara ritual adat yang berhubungan dengan roh . roh itu akan di panggil dan masuk pada tempat yang berbentuk seperti patung patung batu , bersimbolkan leluhur. Patung patung tersebut , akan hidup . dan mengikuti tarian dengan gerak kaku , berjijit jinjit dan gerakkan tangan.
Tari ini biasanya di gelar pada saat pesta besar dan perangkat budaya bagi masyarakat adat suku batak , dimana tempat yang akan di gunakan harus disucikan dari roh roh jahat dengan mengunakan jeruk purut.
Bagi masyakarat batak di kota mandailing , tari tortor adalah sebuah budaya adat yang harus di jaga dan dilestarikan hingga saat ini, oleh sebab itu tidak salah jika setiap orang di mandailing mampu menari dengan baik tari purba yang berasal dari leluhur tanah batak mereka.
Tarian ini , sangat terkenal hingga manca negara ,hingga sebuah negara ingin mengakuinya sebagai tarian khas mereka ,namun dengan ciri khas batak di setiap geraknya , history yang di miliki , ciri khas pakaian yang di kenakan , membuat tari tor tor , memang adalah milik rakayt batak , untuk sebuah negara di mana tanah batak membentang , yaitu indonesia.
Maka marilah kita , berbangga dengan budaya itu, bersatu menjaga budaya itu, dan mempelajari keindahan budaya itu.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama
Website Instan