Cloud Hosting Indonesia

MENGENAL FATMAWATI ( IBU NEGARA ) PENJAHIT BENDERA MERAH PUTIH


BIOGRAFI IBU NEGARA PERTAMA INDONESIA
( FATMAWATI SUKARNO PUTRI )


         Fatimah atau yang dikenal masyarakat sebagai Fatmawati (istri dari Presiden Indonesia pertama Soekarno ) lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923 dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah . Ia menjadi Ibu Negara Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga tahun 1967 dan merupakan istri ke-3 dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Orang tuanya merupakan keturunan Puti Indrapura, salah seorang keluarga raja dari Kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ayahnya merupakan salah seorang tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Fatmawati  Ia juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.
Dalam sejarah hidupnya , ia menikah dengan Soekarno Pada tanggal 1 Juni 1943. Dari pernikahan itu, ia dikaruniai lima orang putra dan putri, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.
Pada tahun 14 Mei 1980 di usianya yang ke 57 tahun ia meninggal dunia karena serangan jantung ketika dalam perjalanan pulang umroh dari Mekah yang lalu dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama
Website Instan