Pengembangan bus sejalan dengan penemuan bus troli, biasanya dialirkan melalui tiang troli oleh kabel listrk aliran atas. Siemens bersaudara, William di Inggris dan Ernst Werner di Jerman, berkolaborasi dalam pengembangan konsep bus troli. Sir William pertama kali mengusulkan gagasan itu dalam sebuah artikel di Journal of Society of Arts pada tahun 1881 sebagai "...pengaturan pada sebuah omnibus biasa...dengan tiang-tiang listrik yang sejajar di kedua pinggir jalan raya, dan dua kabel yang tergantung dari tiang-tiang ini, adalah tempat rol kontak berjalan di antara dua kabel ini, arus dapat dialirkan ke mobil trem, dan kembali lagi ke mesin dinamo di gardu listrik, tanpa perlu berjalan di atas rel sama sekali."
Kendaraan pertama semacam itu, Electromote, dibuat oleh saudaranya Dr. Ernst Werner von Siemens dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 1882 di Halensee, Jerman.Meskipun kendaraan eksperimental ini memenuhi semua kriteria teknis dari bus troli, kendaraan itu diafkirkan pada tahun yang sama setelah demonstrasi.
Max Schiemann membuka sebuah bus troli pengangkut penumpang pada tahun 1901 di dekat Dresden, Jerman. Meskipun sistem ini hanya beroperasi sampai 1904, Schiemann telah mengembangkan apa yang sekarang menjadi sistem pengumpulan bus troli standar saat ini. Pada hari-hari awal, beberapa metode pengaliran arus saat ini digunakan. Leeds dan Bradford menjadi kota pertama yang mengoperasikan bus troli di Britania Raya pada tanggal 20 Juni 1911.
Tags
TECHNO