Layanan bus antarkota reguler dengan bus bertenaga uap dipelopori di Inggris pada tahun 1830-an oleh Walter Hancock dan oleh rekan-rekan Sir Goldsworthy Gurney , antara lain, menjalankan layanan yang dapat diandalkan atas kondisi jalan yang terlalu berbahaya untuk transportasi kuda.
Omnibus yang didorong secara mekanis pertama kali muncul di jalan-jalan London pada 22 April 1833. Kereta penumpang uap jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terbalik, melaju lebih cepat dari gerbong yang ditarik kuda, jauh lebih murah untuk dijalankan, dan menyebabkan kerusakan permukaan jalan yang jauh lebih kecil karena ukuran ban yang lebar.
Namun, jalan tol yang diberlakukan oleh perusahaan pengelola jalan mendorong bertumbuhnya kendaraan jalan bertenaga uap dan bus kuda ditinggalkan, dan sejak 1861 dan seterusnya, undang-undang yang keras menghapuskan kendaraan yang didorong secara mekanis dari jalan Britania Raya selama 30 tahun, Undang-Undang Lokomotif tahun itu memberlakukan batas kecepatan terbatas pada "lokomotif jalan" dari 5 mph di kota besar dan kecil, dan 10 mph di wilayah pedesaan.
GAMBAR BUS UAP
Tags
TECHNO